Coder Pemalas

Coder Pemalas

(Kurang dari) Sejuta Langkah untuk Menyelesaikan Tawaran Proyek dengan Usaha Minimal dan Modal Dengkul

brrrrt... si Hitam bergetar karena ada pesan baru yang masuk dari individu. Tolong bikinin dashboard untuk penjualan! pendek isi pesannya. Hari begini, bikin usaha jualan pempek belum tentu laku, karena sudah banyak video tutorial membuat pempek di berbagai media sosial. Alhasil bisa diambil rata-rata setiap tikungan ada rumah yang bisa menghasilkan pempek, yang iklannya bermunculan di berbagai group, channel, media sosial berupa tulisan, gambar, bahkan video yang menggugah selera calon pembeli. Karenanya, saat ada tawaran order seperti ini, tentu saja harus lekas diambil, walau kemampuan membuat aplikasi web masih cekak. Baru kemarin sore lulus dari coder boot camp yang membahas penggunaan HTML5, CSS3, dan JavaScript, dimana tantangan yang diberikan lebih banyak diselesaikan lewat pencarian di mesin pencari yang hasilnya kebanyakan dari situs stackoverflow.

leon-seibert-_rVB0Pb_2mg-unsplash.jpg

Sebelum diambil tawarannya, yang menjadi pertanyaan pertama sang coder pemalas adalah: Pembuatan aplikasi web semacam dashboard ini butuh apa saja sih? Yuk kita bedah mulai dari awal, sampai akhir. Karena yang diminta adalah aplikasi web, maka tentu dibutuhkan hal-hal sebagai berikut:

HTML, supaya data yang disajikan bisa ditampilkan di browser,

CSS, supaya tampilan yang dihasilkan tata letaknya bisa diatur, supaya gak bikin bete yang bacanya,

JavaScript, supaya tampilan yang dihasilkan dinamis dalam menarik atau menghasilkan data.

Hmm, tampilan saja tidak cukup kan... Tentu ada data di belakangnya yang secara periodik berubah baik dari hasil entri oleh penggunanya, atau melalui integrasi dari aplikasi lain. Berarti dibutuhkan alat untuk ngurusin hal-hal beginian. Meh... godaan untuk mempelajari pembuatan pempek semakin membuncah. Tapi setelah menimbang bahwa, membuat adonan itu jauh membutuhkan lebih banyak kalori, dibandingkan menghasilkan aplikasi web yang menggunakan banyak memencet tombol ctrl, tombol c, dan tombol v seketikapun menghilangkan kegelisahaan itu.

638px-Pempekraden_kapal_selam_dan_kulit_ikan.jpg

Setelah mencorat-coret di sehelai kertas, kemampuan yang dimiliki, didapatkan bahwa kemampuan saya di bidang:

HTML, lumayan ☑

CSS, gak malu-maluin ☑

JavaScript, banyak butuh bantuan ❓

Dari ketiga skill di atas, hanya JavaScript yang termasuk bahasa pemrograman, HTML dan CSS hanyalah notasi untuk menampilkan data di browser pengguna. Di lain pihak, dibutuhkan aplikasi untuk mengurus lalu lintas data dari dan ke sumber data supaya aplikasi dashboard ini bisa jalan. Pilihan pembuatan aplikasi back-end seperti di atas adalah menggunakan bahasa Elixir, Go, Ruby, PHP, Java, .net, daaaaaaan JavaScript menggunakan NodeJS.

640px-Node.js_logo.svg.png

NodeJS ditulis pertama kali oleh Ryan Dahl tahun 2009, tidak berhubungan dengan Roald Dahl yang menulis Fantastic Mr. Fox. Setiap browser yang mendukung penggunaan JavaScript memiliki JavaScript engine untuk mengeksekusi kode JavaScript di browsernya. NodeJS memboyong komponen JavaScript engine Google: V8, sehingga mampu mengeksekusi kode JavaScript di luar browser. Didukung teknologi event-loop yang mengeksekusi kode secara asynchronous, (alih-alih menunggu kode lain yang berjalan selesai terlebih dahulu baru mengeksekusi kode selanjutnya [synchronous]), dan dukungan node package manager yang menyediakan ruang bagi tim di luar NodeJS untuk membagikan kode paket NodeJS sehingga bisa dipakai pengguna lain, menyebabkan popularitas NodeJS semakin meningkat dan melipatgandakan penggunanya.

Pelototin lembar kertas baru:

Soal tampilan, udah ☑

Urusan belakang (back-end), udah, eh, diurus belakangan ☑

Apalagi yang kurang? Setelah jadi, lalu mau disimpan di mana aplikasinya? Lamat-lamat bayangan menumbuk adonan pempek, sebagai pengganti pekerjaan memencet-mencet tombol ctrl-c dan ctrl-v semakin jelas terbayang.

simona-sergi-Ztj1AGUY-WM-unsplash.jpg

Tunggu lanjutan kisahnya.

Suka programming, dan mau menulis untuk berbagi ke komunitas? Bikin blog gratis yang bisa terhubung langsung dengan domainmu! GRATIS...

Iklan penggalangan dana wakaf pembangungan Madrasah al-Fatih, bisa transfer bank atau pakai GoPay. Place your endowment here.

#nodejs#beginners#javascript
 
Share this